Home > Memory > Masih Ingat Ananda?

Masih Ingat Ananda?

Kurun waktu 80-90an, dunia penerbitan di negeri kita pernah diramaikan oleh munculknya berbagai majalah anak-anak dan remaja. Ada Kuncung, Bobo, Ananda, Kawanku, Siswa. Beberapa memang masih bertahan hingga sekarang (Bobo-misalnya), sedang yang lain? Hilang. Saya mau sedikit mengenang tentang Ananda.

Edisi pertama majalah ini muncul tahun 1978 diterbitkan oleh Grup Kartini. Cover pertamanya menampilkan sosok Dina Mariana, yang waktu itu dikenal sebagai penyanyi cilik. Saya sendiri memang lebih menyenangi majalah ini ketimbang majalah anak-anak lain yang ada saat itu. Dengan berbagai macam alasan tentunya.

Banyak sekali muatan muatan komik lokal bersambung. Saya ingat betapa saya selalu menanti-nanti terbitnya Ananda setiap minggu hanya untuk menunggu cerita tentang “Asis, Mata-mata Cilik”. Cerita tentang seorang anak Indonesia yang menjadi mata-mata untuk kemerdekaan bangsanya. Kemudian pernah juga memuat komik komik wayang lokal.

Muatan-muatan sarat pendidikan juga kerap mengisi Ananda setiap edisinya. Ada rubrik Ayo Menggambar-nya Tino Sidin, atau Ayo Menyanyi yang menyajikan lagu-lagu nasional dan daerah lengkap dengan not balok dan syairnya.

Kini, meskipun perkembangan industri terus maju dengan pesat, namun tak ada lagi majalah yang mampu menyajikan konten sekuat Ananda, saya pikir. Dari beberapa majalah anak dan remaja yang say abaca akhir-akhir. ISinya kok lebih banyak yang berbau fantasi ya?

Categories: Memory
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a comment